DPB Gelar Sosialisasi Tugas Dan Fungsi Komite Sekolah

BATAM, KEPRI.INDEKSNEWS.COM – Untuk mewujudkan sekolah bahagia melalui program-program yang akan dibuat, Dewan Pendidikan Kota Batam menggelar sosialisasi tugas dan fungsi Komite Sekolah dan PPDB tahun 2020.

Kegiatan dilaksanakan di Restoran Seafood Golden Prawn Bengkong Laut, Batam, Rabu, 5 Februari 2020 yang dihadiri sebanyak 200 peserta dari dua kecamatan yakni Kecamatan Bengkong dan Kecamatan Batuampar.

Loading...

ketua Dewan Pendidikan Kota Batam, Sudirman Dianto meminta kepada kepala sekolah dan Komite Sekolah agar bersinergi, supaya tercipta suasana yang harmonis.

“Untuk mencapai sekolah maju itu, komite dan pihak sekolah harus memahami tugas dan fungsi masing-masing berdasarkan aturan yang ada, yakni sesuai dengan Permendikbud Nomor 75/2016 Tentang Komite Sekolah,” ucap Sudirman.

Dikatakannya, kepala sekolah harus sering berkomunikasi dengan anggota komite sekolahnya, sebab dengan adanya komunikasi yang tanpa batas dan tersekat-sekat maka aspirasi bagus untuk kemajuan sekolah bakal muncul.

“Apabila antara komite dan kepala sekolah berjalan dengan alur yang ada, maka sekolah yang bahagia itu akan mudah diwujudkan,” imbuhnya.

Dijelaskan Sudirman, berdasarkan Permendikbud fungsi dari komite itu disekolah adalah sebagai lemba yang meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan tugasnya dari komite itu dikembangkan dalam empat bentuk.

Pertama, sebagai pemberi pertimbangan, yakni dalam menyusun rencana sekolah itu komite harus memberikan pertimbangan-pertimbangan. Kedua, sebagai pengawasan. Sebagai komite sekolah harus melakukan pengawasan tentang Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang sudah disepakati sesuai karidor atau tidak.

Ketiga, Komite adalah lembaga yang dibolehkan dalam melakukan pengalangan dana dalam bentuk sumbangan atau bantuan, tapi bukan pungutan. Keempat, komite membuat kreatifitas untuk memajukan sekolah tersebut.

“Inilah yang kami sosialisasikan, agar para komite sekolah itu persepsinya sama, dimana komite itu bukan hanya sekedar pembentukan cuma-cuma, tapi mempunyai tugas dan fungsi,” pungkasnya.

BACA JUGA  Honda ADV150 Urban, Explorer Big Scooter Yang Laris Dipasaran
loading...